Selasa, 31 Januari 2017

Hukum Mencukur Alis



Bu Ema
Assalamualaikum Wr. Wb.
Sunnah mencukur Bulu di Tubuh (ketiak, kemaluan) kurang lebih 40 hari. Bagaimana dengan mencukur bulu Alis?

Jawab:
Wa’alaikum salam Warahmatullah

Anas bin Malik pernah brcerita:
حدثنا قتيبة، حدثنا جعفر بن سليمان عن أبي عمران الجوني عن أنس بن مالك، قال: وُقِّتَ لَنَا رسول الله في وَقْتِ الشَّارِب وتَقْلِيْمِ الاَظْفَار وحَلْقِ العَانَةِ وَنَتْقِ الإبط أنْ لَانَتْرَكَ أكثر مِنْ اَربَعِيْنَ يَوْمًا (رواه المسلم)
Rosulullah memberikan waktu kepada kita dalam mencukur kumis, memotong kuku, membersihkan bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan agar tidak kita tinggalkan lebih dari dari batas waktu 40 hari.

Dari penjelasan di atas, Jelas Rosulullah SAW tidak mencantumkan bulu alis agar kita cukur pula tiap 40 hari sekali. Tidak ada penjelasan bahwa rosulullah men-Sunnahkan hal tersebut. Sedangkan Allah telah menjelaskan dalam Q.S Shood : 82-83, Allah berfirman:

  
82. iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya,
83. kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka[1304].
[1304] Yang dimaksud dengan mukhlis ialah orang-orang yang telah diberi taufiq untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah s.w.t.

Dari ayat tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Iblis dan syetan memiliki Misi untuk menyesatkan manusia, salah satunya dengan merubah bentuk ciptaan Allah. Dan dalam hal ini yang sering kali terjebak adalah WANITA. Salah satu contoh adalah dengan MENCUKUR ALIS. Mengapa? Iya, karena mencukur Alis dengan niat agar terlihat lebih indah adalah contoh kecil dari merubah ciptaan Allah. 

Lalu bagaimana dengan memotong Rambut kepala kita, tidakkah itu juga termasuk dari merubah ciptaan Allah? Tidak. kita bisa bayangkan, bila saja Rambut juga termasuk dalam kategori merubah ciptaan Allah yang diharamkan untuk kita potong. Bagaimana susahnya ketika kita menyisir rambut tersebut saat kita berumur 30 th? Bisa saja rambut kita sepanjang 2 Meter. Subhanallah, dan dengan bertambahnya umur kita, maka semakin panjang pula rambut kita. Tentu kita tidak akan mampu merawat dan menyisirnya sendiri, dan membutuhkan tangan orang lain untuk membantu kita menyisirnya.

Pada zaman sekarang, banyak kita jumpai wanita mencukur, bahkan menggundul habis alis mereka. Lalu mereka bentuk sendiri sesuai keinginan mereka dengan pencil alis, Masya Allah. Sering pula kita dengar istilah Sulam Alis, Tato Alis. Mereka rela merogoh koceng mereka dalam-dalam, agar terlihat lebih cantik dan indah, sehingga mereka tidak perlu repot-repot melukis alis mereka dengan pencil. Allohu Akbar.

Tidak hanya mencukur Alis, Rosulullah Muhammad SAW bersabda:
لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَات، والمُوْتَشِمَات، والْمُتَنَمِّصَات، والمُتَفَلِّجَات لِلْحُسْنِ المُغَيِّرَات خَلْقَ الله
Allah akan melaknat Tukang tato, Orang yang ditato, orang yang mencukur alisnya, orang yang merenggangkan giginya untuk memperindah, yang merubah ciptaan Allah.

Bukan hanya itu, contoh-contoh lain seperti operasi plastik misalkan. Ketika manusia merasa kurang PD dengan hidungnya yang tidak begitu mancung, lantas dia pergi ke dokter untuk operasi agar hidungnya terlihat lebih mancung, sehingga diapun terlihat lebih cantik. Na’udzubullahi min dzalik.

Kita harus akui, bahwa manusia diciptakan Allah lengkap dengan kekurangan serta kelebihan. Allah sudah ciptakan kita semua dengan sedemikian sempurnanya, maka syukurilah. Semoga kita sekalian termasuk dari Hamba-hamba Allah yang pandai Mensyukuri Nikmat dariNya. Amien..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar